Mengenal dekat jelas apa itu BITCOIN

Mengenal dekat jelas apa itu BITCOIN

Kali ini saya ingin memberikan info untuk anda para pecinta bisnis online. Mengenal dekat jelas apa itu BITCOIN, saya terlebih dulu akan mengajaka anda mengenal nama bisnis online terbaru atau yang lagi booming kali ini di tahun 2013 ini yaitu BitCoin. Apa itu BitCoin sendiri ? nah itu akan anda dapatkan dibawah ini hanya di Blog Cafeiin langsung saja dibaca dibawah ini.

Mengenal dekat jelas apa itu BITCOIN,cara main bitcoin,main yang benar bitcoin
Mengenal dekat jelas apa itu BITCOIN


Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang berada di dalam system jaringan pembayaran open source P2P (peer to peer) sehingga memudahkan pengguna dalam bertransaksi secara langsung tanpa memerlukan jasa dari pihak ketiga seperti misalnya Bank. Transaksi di dalam jaringan Bitcoin tidak terpusat oleh satu organisasi atau instansi tertentu, melainkan hanya bertumpu pada aktifitas jaringan seluruh pengguna Bitcoin sendiri di seluruh dunia. Bitcoin dikenalkan pada tahun 2009 oleh seseorang ber-alias "Satoshi Nakamoto" yang keberadaannya sampai saat ini masih belum di ketahui. Ada yang menyebut dia ahli matematika dari Jepang, tapi tidak sedikit rumor yang menyebutkan dia adalah orang Amerika, Israel, ataupun Rusia. Misteri tersebut sampai sekarang belum terpecahkan mengapa dia bersembunyi, dan apakah alasan membangun sistem Bitcoin tersebut yang sekarang ini menjadi justru sangat populer dan berpengaruh di dunia keuangan.


Bagaimana Bitcoin terciptakan?

Bitcoin adalah Cyrptocurrency, sebuah bentuk alat pembayaran yang menggunakan cyrptography atau alogaritma pengamanan khusus dalam mengontrol management dan pembuatan Bitcoin itu sendiri sehingga secara sistematis tidak memungkinkan ada satupun orang, organisasi bahkan pemerintah dapat mengontrolnya.

Bitcoin terciptakan oleh melalui proses "mining atau pertambangan", yaitu proses dalam menemukan "jawaban" atas pertanyaan2 matematis dalam jaringan Bitcoin itu sendiri seperti penghitungan dalam setiap transaksi di jaringan Bitcoin dsb. Setiap jawaban yang terselesaikan akan menghasilkan Bitcoin, dan itu pula yang akan membentuk blok baru untuk ditambang kembali. Tingkat kesulitan dalam me"nambang" akan bertambah seiring banyak blok-blok yang terpecahkan.

Bagaimana cara menambang/mining?
Agan tinggal download software client nya yang disediakan di berbagai pool. (BTCbuild, Bitminter, etc.) Bitminter: hxxps://bitminter.com/client/bitminter.jnlpBgfminer : hxxp://luke.dashjr.org/programs/bitcoin/files/bfgminer/3.8.1/bfgminer-3.8.1-win32.zipUntuk wallet nya bisa didownload disini.hxxp://sourceforge.net/projects/bitcoin/files/Bitcoin/bitcoin-0.8.6/bitcoin-0.8.6-win32-setup.exe/download (windows)hxxp://sourceforge.net/projects/bitcoin/files/Bitcoin/bitcoin-0.8.6/bitcoin-0.8.6-linux.tar.gz/download (linux)hxxp://sourceforge.net/projects/bitcoin/files/Bitcoin/bitcoin-0.8.6/bitcoin-0.8.6-macosx.dmg/download (mac)

Dimana pool atau tempat menambangnya?

Ada banyak pool menyediakan tempat untuk menambang Bitcoin, yang paling gede adalah BTC guild, tapi ane biasa mining di Slush atau Bitminter. (Google aja URL nya)Untuk list lengkapnya bisa di cek disini hxxps://blockchain.info/pools

Bagaimana cara mining?

Pertama2 agan memerlukan account di salah satu Pool tersebut, yang terkoneksi dengan Bitcoin addresss agan. Setelah itu buka software client diatas, pilih address pool, masukan username dan password. dan START. Software akan otomatis berjalan menggunakan performance komputer agan untuk "menambang" Bitcoin

Komputer seperti apa yang diperlukan untuk mining?

Agan bisa mulai mining dengan komputer/CPU apa saja, tetapi pastinya hasilnya berbeda2. Semakin cepat komputer agan bekerja semakin cepat juga agan menjawab pertanyaan2 dan memecahkan blok dan mendapatkan Bitcoin. Hanya saja sekarang ini kurang menguntungkan atau rugi malah me-mining menggunakan CPU saja. karena tingkat kesulitan sekarang ini dalam menambang Bitcoin semakin tinggi, sehingga agan akan lebih banyak menghabiskan waktu dan biaya listrik, daripada jumlah Bitcoin yang di dapat. Jika agan yang suka nge-Game dan mempunyain graphic card/GPU tinggi, boleh coba untuk mining, kali aja bisa untung. Tetapi saat ini kebanyakan orang2 menggunakan ASIC chip karena selain bisa mendapatkan performa yang cukup cepat, juga irit listrik. Jadi keuntungan yang didapet bisa lumayan.

Untuk apa sebenarnya Bitcoin?

Bitcoin digunakan untuk bertransaksi secara online. Real-time dan nyaris tanpa biaya karena tidak memerlukan pihak ketiga (bank) dalam bertransaksi. Saat ini sudah banyak merchant online menerima pembayaran melalui Bitcoin, jadi lebih memudahkan untuk agan-agan yang ingin berbelanja online. Kedua mungkin banyak orang beranggapan baik untuk investasi, karena seperti diketahui Nilai Bitcoin beberapa bulan yang lalu (maret 2013) hanya bernilai $40 (500ribu rupiah) sekarang ini sudah mencapai $875 (10 juta) bahkan pernah menembus $1100 (13jutaan). Kenaikan drastis inilah yang membuat mata uang digital ini menjadi sangat populer di dunia. 

Tetapi banyak instansi2 yang tidak menyukai existensi Bitcoin ini, karena di anggap akan menghancurkan mata uang asli. Pemerintah pun sedang mencari celah untuk membatasi aktifitas jaringan Bitcoin ini, karena walaupun secara teori Bitcoin tidak lah ilegal, tetapi banyak orang2 tertentu menggunakan mata uang ini untuk kepentingan melawan hukum, seperti jual beli narkoba, money laundry, dll. 


Apa perbedaan Bitcoin dan mata uang biasa?

Sesuai konsep awal Bitcoin diciptakan untuk memudahkan dalam bertransaksi secara digital atau online. Bitcoin yang di hasilkan dari hasil mining, akan tersimpan di wallet kita yang berupa software, dimana bisa kita bawa2 kemanapun juga di dalam hardisk atau USB stick. Saat ini sudah mulai banyak pihak ketiga yang menyediakan jasa wallet secara online/cloud. Jadi kita bisa bertransaksi kapan dan dimana saja hanya melalui internet. Salah satu nya adalah hxxps://blockchain.info. Kelebihan atau keunikan dari Bitcoin itu sendiri adalah, selain memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi (cepat dan murah), mata uang digital yang satu ini juga di klaim anti inflasi, karena secara sistematis, jumlah Bitcoin yang akan tercipta tidak akan mungkin melebihi angka 21 Juta. 

Jadi setelah menyentuh angka tersebut, proses mining berakhir jadi yang ada hanya perputaran Bitcoin di jaringannya, yang di prediksi akan meningkatkan nilai yang berkali-kali lipat. Saat ini terdata ada sekitar 12 Juta Bitcoin di dunia, dimana masih ada skitar 10 juta Bitcoin yang masih akan ter"Gali". tapi untuk mencapai jumlah tersebut, di yakini akan sulit dan akan memakan waktu 10-15 tahun lagi sampai akhirnya mencapai limit 21 Juta.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment