Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Hey guys, kamu travel sejati ? kamu hobi foto-foto ? dan kamu senang berpetualangan di alam ? pastinya kalian semua sudah tahu donk tempat yang paling indah untuk dijelajahi.? Ok, sebenarnya saya sendiri belum sempat untuk menginjakkan kaki di tempat ini, maka dari itu disini saya ingin menceritakan keindahan alam yang dimilikinya jadi setelah saya sudah bisa menginjakkan kaki di tempat itu rasa penasaran dan keinginan tahu saya sudah terlampiaskan.

Oh yah nama tempatnya itu sudah terkenal sekali, apa lagi kalau bukan Taman Nasional Bromo Tengger. Tempat dimana yang konon didengar-dengar gunung yang ada di sana itu Gunung Suci bagi warga setempat. Mengapa bisa dibilang itu gunung suci oleh warga setempat ?

Begini ceritanya, pada kawasan Gunung Bromo ini terdapat suku dimana suku tersebut yang memberikan nama tempat tersebut dengan nama suku mereka. Yaitu suku Tengger, suku yang tinggal disekitar Gunung Bromo ini menempati sebagian wilayah di Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Malang. Mayoritas orang-orang suku Tengger beragama atau menganut Hindu taat, atau bisa kita bilang orang yang mempercayai nenk moyang mereka.

Suku Tengger di sekitar Gunung Bromo

Suku Tengger di sekitar Gunung Bromo

Suku Tengger, merupakan keturunan langsung dari Kerajaan Majapahit, yang dimana nama Tengger itu sendiri berasal dari Legenda Roro Anteng dan Joko Seger. Dimana yang diyakini sebagai asal usul bagi suku Tengger, dan gunung yang ada pada wilayah disitupun di percayai sebagai gunung suci yaitu Gunung Brahma atau Bromo yang kita kenal.

Panjang juga yah.. lanjut lagi, Suku Tengger memiliki Upacara Adat yang dimana sangat saklar yang dilaksanakan hanya setahun sekali oleh suku Tengger. Upacara ini dinamakan upacara Yadnya Kasada taau upacara Kasodo, yang dilakukan untuk meritualkan gunung suci tersebut. Upacara ini bertempat tepat dibawh kaki Gunung Bromo sebelah utara di sebuah pura, dan akan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo.
Upacara tersebut bukan dilaksanakan pada pagi atau siang loh guys, upacara tersebut diadakan pada tengah malam hari hingga dini hari pada setiap bulan purnama dimana sudah ada tanggalnya juga yaitu sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan kesepuluh. Jadi untuk anda yang ingin melihat upacara adat suku Tengger bisa datang pada tanggal yang sudah saya sebutkan.

Lanjut lagi nih, sudah pada tahu juga pastinya nih, kalau belum tahu simak aja artikel ini biar tahu yah. Sebenarnya selain Gunung Bromo yang menjadi daya tarik utama, ada lagi loh yang menjadi sebuah daya tarik extrem, apa kalau bukan Gunung Semeru. Gunung tertinggi di pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki atau pecinta alam, meski demikian untuk sampai ke puncak Gunung Semeru tidaklah semudah mendaki Gunung Bromo dan para pendaki diharuskan mempunyai atau mendapat izin dari kantor pengelola Taman Nasional yang berada di Malang, repot juga yah. Izin itu diperuntukkan keselamatan anda saat akan mendaki Gunung Semeru loh.

Keindahan Flora pada kawasan Taman Nasional Bromo ini sangat begitu indah, apalagi untuk anda pecinta alam dan juga hobby foto-foto. Disini merupakan salah satu objeck background yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai koleksi foto pribadi travel anda, adapun tanaman flora yang ada disekitar Gunung Bromo antara lain cemara gunung,jamuju,edelweis,dan berbagai jeniks anggrek dan jenis rumput langka. Semua ekosistem yang ada disekitar Gunung Bromo ini sudah berusia ratusan tahun sungguh luar biasa bukan guys ?..
Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Kawan saya saat berada di kawasan Bromo

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Foto di ambil di sekitar danau di Gunung Bromo

Untuk Faunanya sendiri, saya belum pernah mendengar yah karena belum pernah kesana. Tapi untuk saya juga berikan kepada anda yah walaupun saya dapatkan dari beberapa media yang menjadi sumber artikel saya ini. Fauna yang ada di sekitar wilayah Gunung Bromo sangatlah langka dan juga dilindungi. Hewan yang terdapat di Tamana Nasional ini antara lain luwak(Paradoxurus hermaphroditus), rusa(Rusa timorensis), kera ekor panjang(Macaca fascicularis), kijang(Muntiacus muntjak), ayam hutan merah(Gallus gallus), macan tutul(Panthera pardus melas), dan masih banyak lagi hewan langka yang ada di Taman Nasional Bromo ini.

Artikel ini diperuntukkan untuk mengikuti sebuah lomba blog yang diadakan oleh Daihatsu dan Viva.co.id. Adapun artikel yang ada disini disajikan sebagai syarat perlombaan blog tersebut. Saya sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada anda yang memberikan dukungan pada lomba blog ini. Terimakasih sekali lagi untuk anda yang membaca artikel saya Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Banner

Sumber referensi artikel :http://wisata-bromo.com/suku-tengger-wisata-gunung-bromo/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Bromo_Tengger_Semeru
- Foto from Google Image dan Foto Koleksi punya teman.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg