Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa
Terbaik Indonesia, Berbicara mengenai sebuah perusahaan AsuransiJiwa di Indonesia, tentunya sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang telah
memberikan jasa kepada masyarakat Indonesia dengan baik. Tetapi kali ini Blog Cafeiin
membawa anda untuk mengenal lebih jauh sebuah Perusahan Asuransi Jiwa yang
Terbaik di Indonesia yaitu Commonwealth Life.
Sebagian dari wilayah Indonesia tentunya belum
begitu mengenal dengan salah satu Asuransi Jiwa yang terbaik di Indonesia ini
Commonwealth Life, mengapa anda tidak begitu kenal dengan nama asuransi
Commonwealth Life ini ?. Saya akan mengajak anda untuk lebih dekat lagi untuk
mengetahui perusahaan asuransi Commonwealth Life ini untuk anda.
Untuk pengenalan dengan Asuransi Jiwa Commonwealth
Life ini, saya akan perkenalkan terlebih dahulu tentang Commonwealth Life
Perusahaan Asuransi Jiwa ini. Berikut ini tentang Commonwealth Life Perusahaan
Jiwa Terbaik Indonesia.
- TENTANG KAMI COMMONWEALTH LIFE
Commonwealth Life mulai melayani Nasabah
sejak tahun 1992 dengan nama Astra Jardine yang kemudian berubah nama
menjadi Astra CMG Life sampai dengan tahun 2007. Nama PT Commonwealth Life
diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Juli 2007, berdasarkan Surat Keputusan
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor W7-07188 HT.01.04-TH 2007 tentang
Persetujuan Akta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas.
Saat ini saham terbesar Commonwealth Life
dimiliki oleh Commowealth Bank of Australia (CBA) Group sebesar 80% (CMG Asia
Life Holdings Limited 50% saham dan Commwealth Life International Holdings PTY
LTD 30% saham) dan 20% oleh PT Gala Arta Jaya. CBA adalah salah satu
perusahaan penyedia jasa keuangan terkemuka yang menguasai industri perbankan
dan asuransi di Australia. Dua perusahaan asuransi jiwa CBA yang lebih awal
berdiri adalah ‘CommInsure’ di Australia' dan ‘Sovereign’ di New Zealand yang
keduanya merupakan perusahaan asuransi jiwa terbaik di masing-masing negara.
Seiring dengan visi dan misi perusahaan
untuk selalu menjadi yang terbaik, Commonwealth Life terus
mengembangkan produk dan layanannya yang tersebar di 19 kota besar dan
didukung oleh lebih dari 7.500 Sales Force di seluruh Indonesia yang melayani
Nasabah individu dan kumpulan.
Commonwealth Life menawarkan produk
asuransi seperti: Proteksi, simpanan & Investasi dalam program unit
link (Investra Link), asuransi jiwa tradisional (Danatra Cendekia,
Danatra Sejahtera), perlindungan terhadap tabungan dan kredit (COMM Protection),
serta program asuransi tambahan (asuransi kecelakaan, jaminan rawat inap,
penyakit kritis).
Performa keuangan Commonwealth Life telah
berhasil mengalami banyak peningkatan pada Laporan Keuangan 2011. Pos laba
meningkat dengan jumlah Rp 181 miliar lebih tinggi dibandingkan dengan tahun
lalu yakni sebesar Rp 148 miliar. Peningkatan ini membawa pengaruh terhadap
kenaikan pos laporan lainnya seperti kenaikan
rasio kecukupan modal (Risk Based Capital – RBC) yaitu
676% sekitar lima kali lebih tinggi dari angka ketentuan oleh
pemerintah. Total aset di 2010 sebesar Rp 4 triliun dan meningkat
hingga Rp 3,9 triliun di 2011. Prestasi ini akan memberikan motivasi kepada
Commonwealth Life untuk berada pada tingkat yang lebih tinggi lagi dalam
perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.
Untuk program asuransi kumpulan (group)
dan perlindungan kredit (credit life), Commonwealth Life bermitra
dengan:
- Permata Bank
- Commonwealth Bank
- Bank BTPN
- BCA Finance
- BII Maybank
- Bank BNP
- Bank OCBC NISP
- Bank Index
- Bank Mayora
- Adira Insurance
- Olympindo Multifinance
Commonwealth Life juga mendistribusikan
berbagai produknya kepada Mitra Bank dan Non-Bank melalui program
Bancassurance. Mitra bisnis kami antara lain:
- Citibank
- BCA Card
- AstraWorld
- Telkomsel
- PermataBank
- Commonwealth Bank
- Astra Credit Companies
- REASURANSI
Untuk menjamin kemanan dan kenyamanan
Nasabah berasuransi, Commonwealth Life memilih mitra perusahaan reasuransi yang
memiliki reputasi internasional. Kredibilitas ini ditunjukkan dengan rating
yang dikeluarkan oleh lembaga rating ternama yaitu:
- Cologne Re (rating AA+ oleh Standard Credit Rating)
- Gen Re (rating AA+ oleh Standard & Poor's)
- Marein (rating A oleh Pefindo)
- MetLife (rating A+ oleh Standard & Poor's)
- Munich (rating AA- oleh Standard & Poor's)
- ReIndo - Reasuransi Indonesia (rating A+ oleh Pefindo)
Setelah anda telah mengenal dengan
Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia ini, maka
berikutnya dari saya Blog Cafeiin memberikan informasi mengenai Layanan yang
diberikan oleh Perusahaan Commonwealth Life kepada anda.
Layanan yang diberikan oleh Commonwealth
Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia ada 3 kategori, yaitu :
Dari 3 kategori diatas, merupakan
Layanan yang diberikan Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik
Indonesia. Berikut dibawah ini penjelasan dari 3 kategori Layanan Commonwealth
Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia.
- PROSEDUR KLAIM
Proses pengajuan dan
proses klaim di Commonwealth Life secara keseluruhan cukup mudah. Anda cukup
mengisi formulir klaim dan melengkapi dengan dokumen yang dibutuhkan sesuai
dengan jenis klaim yang Anda ajukan, lalu kami akan menganalisa lebih lanjut
klaim yang diajukan sesuai dengan kondisi polis yang ada.
Untuk mendapatkan
formulir klaim Anda tinggal mengakses website kami www.commlife.co.id atau Anda
dapat langsung menghubungi kantor pemasaran kami yang tersebar di seluruh
Indonesia.
- DOKUMEN / PERSYARATAN KLAIM
Klaim Meninggal
- Formulir klaim ( K 1 diisi oleh ahli waris dan K 2 diisi oleh dokter )
- Polis
- KTP Tertanggung ( SIM bila kecelakaan )
- KTP ahli waris
- Sertifikat / Surat keterangan kematian
- Surat izin pemakaman / kremasi
- Surat evakuasi jenazah ( jika meninggal di luar negeri )
- BAP polisi ( jika meninggal secara tidak wajar dan kecelakaan )
- Medical Report ( catatan lengkap selama pasien dirawat di rumah sakit )
- Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
Klaim Rawat Inap /
Penyakit Kritis / Pembebasan Premi / Cacat / Penyakit Tak Tersembuhkan
- Formulir klaim ( M 1 diisi oleh Tertanggung dan M 2 diisi oleh dokter )
- Polis
- KTP Tertanggung / bukti diri lain untuk tertanggung tambahan
- Kwitansi RS asli / legalisir rumah sakit
- Medical Report ( catatan lengkap selama pasien dirawat di rumah sakit )
- BAP polisi ( untuk kasus kecelakaan )
- Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
- CARA MENGAJUKAN KLAIM
Anda cukup datang ke
Kantor Pemasaran Commonwealth Life terdekat untuk menyerahkan formulir
beserta dokumen klaim dan mintalah tanda terima sebagai bukti bahwa Anda telah
mengajukan klaim.
- PROSES KLAIM
Pastikan bahwa formulir
klaim telah diisi dengan lengkap dan dokumen klaim telah lengkap sesuai dengan
persyaratan yang ada. Karena seluruh formulir beserta dokumen klaim akan
dikirimkan ke kantor pusat Commonwealth Life untuk diproses lebih lanjut.
- PEMBAYARAN KLAIM
Klaim akan kami bayarkan
kepada Pemegang Polis kecuali untuk klaim meninggal dunia. Jangan lupa untuk
mencantumkan secara lengkap nama serta no. rekening untuk proses pembayaran
klaim dan pastikan bahwa ejaan nama Anda adalah sama dengan yang tercantum di
buku rekening.
Khusus untuk klaim
meninggal dimana ada beberapa ahli waris maka masing-masing ahli waris dapat
menunjuk seorang wakilnya untuk menerima pembayaran klaim dengan melampirkan
surat kuasa (draft surat kuasa dapat diminta di masing-masing Kantor Pemasaran
Commonwealth Life)
- Fasilitas Pembayaran Premi Asuransi
Kembali Commonwealth Life
memberikan kemudahan bagi Nasabahnya dalam pembayaran premi asuransi. Mulai
Agustus 2008, Nasabah Commonwealth Life dapat melakukan pembayaran premi
asuransi lanjutan, Top Up maupun biaya lainnya melalui terobosan baru ‘Virtual
Account’, hasil kerjasama dengan PermataBank.
Dalam sistem ini setiap Nasabah
Commonwealth Life akan mendapatkan 16 digit nomor ‘Virtual Account’ yang unik
dan berbeda antar satu dengan yang lainnya sesuai dengan nomor polis asuransi
mereka. Nomor virtual account ini terdiri dari:
Nomor Kode Bank : 4 angka pertama
yaitu 8822
Nomor Polis : 12 angka
Contoh:
1) Nomor Polis : 0000 0001
2345
Nomor Virtual Account : 8822 0000 0001 2345
2) Nomor Polis :
01-029500001
Nomor
Virtual Account : 8822 0100 2950 0001
Note: Tanda “-“ diganti dengan
angka “0”
Keunikan nomor “Virtual Account”
tiap pemegang polis asuransi ini memungkinkan Commonwealth Life untuk
mengidentifikasi setiap pembayaran premi asuransi yang diterima dengan lebih
mudah.
Fasilitas sendiri dibagi lagi menjadi 3
sub bagian, yaitu diantara lainnya adalah :
Virtual Account
Auto DebitLoyalty Card
Disini, saya tidak akan memberikan semua
penrencian dari 3 sub bagian dari Fasilitas yang diberikan oleh Commonwealth
Life, dari salah satu itu dapat anda baca diatas sebelumnya yaitu Virtual
Account.
- Informasi Layanan Polis
Pusat Layanan Nasabah
CommCenter 500 525
Terhitung sejak Agustus 2011, nomor telepon CommCenter telah berubah
menjadi: 500 525
Dengan menghubungi Pusat Layanan Nasabah
CommCenter, Nasabah dapat selalu memanfaatkan Layanan Interactive Voice
Response (IVR) 24 jam untuk mengetahui informasi mengenai Status Polis, Produk
dan Layanan terbaru, Informasi Produk Unit Linked (Investra), Informasi Produk
Bancassurance, Informasi Pembayaran dan Foreign Exchange Rate. Sedangkan untuk
informasi yang ingin langsung Nasabah tanyakan dengan CommCenter Officer
Commonwealth Life, jalur komunikasi dibuka setiap hari kerja pukul 08.00 -
17.00 WIB.
Customer Relations
Officer
Siap melayani kebutuhan nasabah di kantor
pusat dan seluruh kantor pemasaran Commonwealth Life, Customer Relations
Officer kami senantiasa membantu layanan asuransi antara lain informasi produk,
pembayaran Premi, menerima berkas Klaim dan pengajuan Perubahan Polis.
www.commlife.co.id
Dengan mengakses website resmi
Commonwealth Life www.commlife.co.id,
Anda dapat mengetahui berbagai informasi seperti Produk, Layanan, Berita,
Jaringan dan Karir di Commonwealth Life. Dalam kolom Layanan, setiap Nasabah
dapat mengetahui informasi mengenai Polis dan melakukan perubahan alamat.
Selain itu, seluruh pengunjung www.commlife.co.id juga dapat mengajukan pertanyaan melalui commcenter@commlife.co.id
Customer e-Services
Layanan portal bagi Nasabah untuk
mengakses informasi polis secara lebih detil dan terkini. Untuk mendapatkan
kemudahan ini, Nasabah perlu melakukan registrasi melalui website www.commlife.co.id atau https://services.commlife.co.id/customer/.
Setelah proses registrasi dilakukan, Nasabah dapat mengakses informasi lengkap
seputar polis seperti informasi status polis, pembayaran dan tagihan premi,
serta informasi lainnya kapan dan dimana saja.
Layanan Klaim di
Commonwealth Life
Commonwealth Life selalu
memberikan kemudahan kepada seluruh Nasabah terutama dalam proses pengajuan
Klaim. Pada dasarnya proses Klaim dibagi atas tiga tahap:
- Pemberitahuan Klaim
- Bukti Klaim
- Pembayaran Klaim
Apabila Pemegang Polis / Ahli Waris
mengikuti prosedur dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, proses klaim
menjadi sangat mudah.
Mungkin sekian informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda mengenai Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia ini kepada anda yang berkunjung di blog cafeiin, semua informasi ini bertujuan untuk memberikan layanan informasi mengenai Asuransi Jiwa bagi Indonesia.
Akhir, kata dari saya semoga artikel ini bermnafaat bagi anda "Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia".
Referensi : http://www.commlife.co.id
wah, keren nih reviewnya, bisa saja jadi juara nih :)
ReplyDeletewahh, makasih banget sudah mau mampir dan memberikan komentarnya gan.
ReplyDeleteAmin semoga perkataan sih agan sebuah "DOA" yang membawa keberentungan bagi saya.
wahh reviewnya lengkap banget! ^^
ReplyDeleteRewienya mantaf... lengkap... kunjungan dini hari sob... salam (Kumpulan Adsen Blogspot)
ReplyDeletesipp makasih gan atas supportnya..
ReplyDelete@Ontel Creative
ReplyDeleteits oke.. no roblemm