Kopi Joss Jogjakarta Yang Berkhasiat

Kopi Joss Jogjakarta Yang Berkhasiat

Kopi Jos Jogjakarta Yang Berkhasiat - ngomong soal kopi, yang paling joss kopinya ya ada di Jogjakarta donk, mengapa saya katakan paling joss soalnya kopi yang saya rasakan sendiri jos'annya sendiri. Apakah anda pernah menikmati Kopi Joss?  kopi ini memiliki istilah nama unik serta sangat jarang diketahui orang. Kopi Joss ini berasal dari pulau jawa, apalagi kalau bukan dari Yogyakarta Jawa Tengah, tetapi bagi anda yang ingin mencoba kopi ini tidak perlu lagi harus terbang ke jogja.

Kopi Joss sekarang sudah mulai menyebar di jawa timur, anda cukup menggerakan kaki anda untuk berjalan mencicipi kopi joss ini di kota yang terkenal dengan julukan Kota Bandeng dan Udang. Apalagi kalau bukan dengan sebutan kota Sidoarjo.


Kopi Joss Jogjakarta Yang Berkhasiat

Di Sidoarjo, ada dua tempat yang berjualan Kopi Joss. Pertama, di Jalan Gajah Mada yang tepatnya berhadap-hadapan dengan Bank BII, Kedua, yakni di Jalan Jaksa Agung Suprapto tepatnya belakang Bank Jatim. Warung kopi ini menamakan dirinya, Wedangan HIK (Hidangan Istimewa Kota) kang Mangun Asli khas Solo.

Kopi Joss, merupakan  kopi yang memiliki metode pembuatan unik dengan diberi bara arang. Ketika kopi tubruk panas ini diberi atau dimasukkin arang yang panas, maka kopi tersebut akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu. 

Selain itu, khasiat dari kopi ini banyak peneliti yang mengakui kalau  kadar kafeinnya dinilai rendah karena metode pembuatannya dinetralisir oleh arang. Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun. Namun katanya, karbon yang teraktivasi dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun, dan memperbaiki aroma.

Drajat, salah satu pelanggan asal Surabaya mengaku bahwa dirinya amat sering mendatangi warung wedangan HIK di Sidoarjo. Bahkan, hampir tiap akhir pekan mengunjungi warung kopi Joss tersebut.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment