Candi Plaosan Merupakan Candi Kembar

Candi Plaosan Merupakan Candi Kembar

Candi Plaosan Merupakan Candi Kembar, Tentunya anda sudah mengetahui mengenai Candi tetapi kali ini merupakan sebuah Candi Kembar yang terdapat disekitar kompleks wilayah Candi Prambanan yang walaupun Candi-candi disekitarnya kecil tetapi candi-candi tersebut tidak kalah menariknya dari candi yang ada disekitar kompleks itu. Salah satu dari candi yang berada di kompleks Candi Prambanan adalah Candi Plaosan.

Candi Plaosan, memiliki dua kompleks yang berseberangan antar candi yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan). Walaupun candi tersebut tidak tampak lebih besar dari Candi Prambanan, tetapi candi Plaosan tidak kalah cantiknya dari candi Prambanan tersebut.

Berbeda dengan Candi Prambanan, Candi Prambanan merupakan gaya arsitektur Candi Hindu, tetapi candi Plaosan merupakan Candi Budha tetapi dengan gaya arsitektur Candi Hindu seperti candi Prambanan. Candi Plaosan merupakan peninggalan Dinasti Syailendra, dibangun di bawah perintah Rakai Pikatan untuk permaisurinya Sri Kahulunan atau Pramudyawardhani. Kompleks candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9. 

Kompleks candi terdiri dari 174 bangunan kecil dan 116 stupa yang merupakan ciri khas candi Buddha. Di gerbang kedua kompleks candi terdapat arca Dwarapala, yang dianggap sebagai penjaga lokasi yang suci. 


Candi Plaosan Merupakan Candi Kembar

Kompleks Candi Plaosan Lor memiliki halaman tengah yang dikelilingi oleh dinding dengan pintu masuk di sebelah barat. Pada bagian tengah halaman terdapat sebuah pendopo. Di halaman ini terdapat tiga buah altar, yaitu altar utara, timur, dan barat. Di altar utara terdapat stupa Samantabadhara dan figur Ksitigarbha. Sementara itu di altar timur terdapat gambaran Amitbha, Ratnasambhava, Vairochana, dan Aksobya. Di altar barat terdapat gambaran Masjusri.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment