Kenali Yang Mudah Osteoporosis Dini

Kenali Yang Mudah Osteoporosis Dini

Sebelumnya tentunya anda sudah mengetahui Cara Cegah Osteoporosis, maka itu anda sudah bisa mengantisipasi penyakit ini terlebih dahulu. Bagaimana mana sih Kenali Yang Mudah Osteoporosis Dini, hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit bagi kita bagaimana untuk mengenali orang yang rentan Osteoporosis dini, pada umumnya penyakit menyerang pada seorang yang sudah lanjut usia tetapi hal itu tidak selamanya berlaku. Tetapi bisa saja pada usia dini anda sudah mengalami penyakit ini.

Osteoporosis merupakan gangguan kepadatan tulang yang terjadi pada usia 65 tahun keatas, serta sudah mengancam bagi mereka yang berumur 50 tahun. Mengapa hal ini bisa terjadi bagi mereka yang sudah berusia rentan penyakit Osteoporosis ini? Hal ini tentunya dikarenakan kurangnya sebuah informasi yang akurat mengenai Penyakit Osteoporosis ini sehingga bagi mereka ini hanya penyakit biasa saja.

Dibawah ini beberapa dari gaya hidup seorang wanita yang membuat mereka rentan akan penyakit Osteoporosis :

  • Wanita Menopause
Menopause adalah berakhirnya masa subur seorang wanita, yang ditandai dengan berhentinya menstruasi secara permanen. Melemahnya produksi estrogen ini biasanya terjadi pada wanita di usia pertengahan, 40-an atau awal 50-an tahun. 

Berkurangnya estrogen akibat menopause tersebut memiliki hubungan erat dengan pengembangan osteoporosis. Sebab, hormon estrogen yang dihasilkan oleh indung telur merupakan pelindung sekaligus pengontrol regenerasi sel tulang bagi wanita. 

Dan, sebuah studi menyebut bahwa wanita kehilangan kepadatan tulang hingga 10 persen selama lima tahun pertama setelah menopause. 

  • Wanita berjilbab 
Wanita berjilbab umumnya selalu menutupi hampir seluruh permukaan kulit tubuhnya dengan busana muslim. Membuat mereka minim paparan sinar matahari. 

Agar kebutuhan vitamin D dalam tubuh tercukupi dengan baik, Fiastuti mengingatkan mereka yang berjilbab dan mereka yang terbiasa memakai pakaian tertutup untuk meluangkan waktu berjemur di rumah.

Tak perlu benar-benar berjemur dengan berbaring di tepi kolam renang. Cukup luangkan waktu santai sekitar 10 menit di teras terbuka atau di tepi jendela kamar sekitar pukul 10.00 atau 15.00. Biarkan kulit bersentuhan dengan hangatnya sorot matahari.  

Demi memperlambat risiko osteoporosis, Fiastuti pun mengingatkan pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Mulai dari berhenti merokok, mengurangi asupan alkohol, berolahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang, terutama yang kaya kalsium dan vitamin D. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment